Pengertian Perilaku Konsumen
Menurut Simamora (2002), perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung
terlibat untuk mendapatkan, mrngkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa,
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
terlibat untuk mendapatkan, mrngkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa,
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
Menurut Kotler (2005), perilaku konsumen adalah sebuah proses teratur dimana
individu-individu berintegrasi dengan lingkungannya untuk tujuan mengambil keputusan
di pasar tentang barang-barang atau jasa.
individu-individu berintegrasi dengan lingkungannya untuk tujuan mengambil keputusan
di pasar tentang barang-barang atau jasa.
Dari beberapa pengertian diatas dapat dikatakan bahwa perilaku konsumen adalah
suatu proses perilaku yang dilakukan oleh konsumen dalam merencanakan suatu
pembelian yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, mencari, membeli, menggunakan, dan
mengevaluasi apakah barang atau jasa yang telah dibeli tersebut memberikan kepuasan
atau memenuhi kebutuhan seorang konsumen.
suatu proses perilaku yang dilakukan oleh konsumen dalam merencanakan suatu
pembelian yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, mencari, membeli, menggunakan, dan
mengevaluasi apakah barang atau jasa yang telah dibeli tersebut memberikan kepuasan
atau memenuhi kebutuhan seorang konsumen.
Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Samsung
Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen :- Budaya
- Sosial
- Pribadi
- Psikologis
- Faktor Budaya : Faktor budaya adalah faktor yang dipengaruhi kepercayaan, nilai-nilai, dan kebiasaan yang dipelajari yang membantu mengarahkan perilaku konsumen para anggota masyarakat tertentu. Komponen yang termasuk didalamnya yaitu budaya, sub-budaya, dan kelas sosial konsumen. Dalam faktor budaya produk samsung yang berasal dari Korea memiliki nilai tersendiri di mata konsumen dan mempunyai gaya yang berbeda dengan produk lain dan sudah diakui didunia internasional. Dalam kelas sosial samsung sendiri mempunyai sasaran dari menengah sampai atas.
- Faktor Sosial : Faktor sosial adalah faktor yang dipengaruhi oleh orang-orang disekitar kita. Komponen yang termasuk didalamnya yaitu kelompok acuan, keluarga, serta peran dan status sosial konsumen. Dalam faktor sosial samsung memberikan kelebihan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga berbeda dengan yang lain dan mempunyai beberapa produk elektronik dari tv, hp, laptop, dll.
- Faktor Pribadi : Faktor pribadi adalah faktor yang dipengaruhi oleh karakteristik pribadi dari seorang konsumen. Faktor ini samsung memberikan karekteristik sesuai : 1. USIA : Samsung memberikan peluang untuk memiliki produknya dari kalangan remaja sampai dewasa. 2. PEKERJAAN : Samsung memberikan kemudahan suatu tugas dengan produk yang dimilikinya. 3. GAYA HIDUP :Samsung memberikan yang terbaik untuk pelanggan nya dengan cara melakukan kemajuan teknologi sesuai kebutuhan konsumen.
- Faktor Psikologis : Faktor psikologis adalah faktor paling mendasar dalam diri individu yang akan mempengaruhi pilihan-pilihan seseorang dalam membeli.MOTIVASI : Seseorang membeli produk ini adanya dorongan trend masa kini dan yang akan datang. Misalnya hp samsung galaxy yang dibekali os android yang trend sekarang ini. KEPERCAYAAN :Konsumen mempunyai sifat yang meyakinkan terhadap produk samsungyang selalu berkembang dengan teknologi sesuai zaman (kebutuhan konsumen).
- Pengenalan Produk : Dalam mempublikasikan samsung sendiri melalui berbagai media : Elektronik, Media sosial, Media cetak dll.
- Pencarian Informasi : Pemberitahuan informasi sangat membantu konsumen untuk mengetahui perkembangan produk tersebut. Dengan cara melaluisitus perusahaan, majalah, dan dari percakapan antar konsumen.
- Evaluasi alternatif yang ada : Bahwasamsung sendiri mempunyai produk yang harganya terjangkau untuk masyarakat luas.
- Keputusan Pembelian : Dalam hal ini seorang konsumen akan menilai dari harga dan kualitas produk tersebut.
- Harapan Konsumen terhadap produk samsung adalah kedepannya samsung memberikan produk yang dapat mempermudah pekerjaan dan berbasis teknologi modern.
- Kepuasaan Pasca Pembelian terhadap produk samsung membuktikan bahwa produknya banyak diminati oleh konsumen dari segi harga maupun kualitas sehingga banyak konsumen yang menyatakan puas dengan kinerjasamsung.
Pemasar harus selalu memberikan dukungan terhadap konsumen yang telah memilih produk yang dibelinya dan memantapkan pilihannya itu tepat. Pemasar juga harus mengetahui celah untuk memberitahukan kepada konsumen tentang produk yang dikembangkannya sesuai kebutuhan konsumen dengan harga, kualitas, dan teknologi yang tinggi.
KESIMPULAN : Banyak konsumen memilih suatu produk dari brand ternama, harga yang terjangkau, dan kualitas yang tinggi, sehingga konsumen selulu percaya diri pada saat memakainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar